Resep Cara Membuat Rempeyek Enak Dan Renyah

Resep Cara Membuat Rempeyek Enak Dan Renyah
Apa itu peyek atau rempeyek? peyek merupkan salah satu menu pelengkap pada makanan seperti layaknya krupuk, tempe maupun tahu. umum nya peyek dapat mudah di jumpai di warung makan, pasar dan bila di daerah kampung saya peyek biasa di sajikan untuk acara-acara hajatan seperti pernikahan, khitanan bahkan untuk acara layat peyek juga disediakan. karea rasanya yang enak, gurih dan renyah serta dapat membaur dengan lidah orang indonesia menjadikan peyek merupakan salah satu menu pelengkap orang indonesia, hampir semua kalangan meyukainya bahkan bisa di bilang dapat membuat pemakan ketagihan ketika mencoba untuk mencicip nya.

Rempeyek memang lezat baik untuk menu pelengkap maupun untuk cemilan, untuk membuat sendiri ternyata mudah banget kok, tidak terlalu sulit hanya membutuhkan bahan utama seperti kacang tanah, tepung beras dan kanji yang di bumbui dengan beberapa bumbu rempah-rempah khas daerah yang membuat rasanya menjadi gurih nan enak. sekarang banyak sekali aneka macam peyek ada peyek kacang tanah, peyek kacang hijau, bahkan di variasikan dengan peyek udang dan bahkan rempeyek bayam. rasanya tentu sama-sama enak. resep peyek lebih mudah dan praktis ketimbang membuat makaroni goreng dan resep tahu aci tegal. tak percaya? silahkan praktekan langsung yuk.


===============
Bahan Rempeyek :
===============
1/4 kg kacang tanah, belah kulitnya
1/4 kg tepung beras
125 gram tepung kanji
1/2 liter santan
2 butir telur ayam, kocok
1/2 sendok makan garam
5 lembar daun jeruk purut
penyedap rasa secukupnya, saya menggunaakn royco ayam
minyak goreng secukupnya
==============
Bumbu Halus :
==============
7 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 cm kunyit
1 sendok makam ketumbar, sangrai

=======================
Cara Membuat Rempeyek :
=======================
1. Haluskan bawang putih, kemiri kunyit, ketumbar atau semua bumbu halus hingga campur rata. tambahkan daun jeruk purut gerus atau tumbuk bersama bumbu halusnya.
2. Ambil wadah ukuran sedang / besar kemudian campurkan tepung kanji dan beras jadi satu. biarkan hingga tercampurbaru masukkan telur yang telah di kocok.
3. Tambahkan bumbu halus yang telah di haluskan tadi ke dalam wadah tepung. tuangkan santan nya juga dikit demi sedikit sambil di aduk agar tercampur rata hingga licin.
4. Masukkan garam dan penyedap rasa. aduk kembali sampai rata. masukkan pula kacang tanahnya kedalam adonan. aduk kacang bersamaan dengan adonan sampai rata.
5. Panaskan minyak banyak dengan api sedang, masukkan adonan ke pinggiran wajan agar membentuk seblayaknya piringan tipis.
6. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan kering dan matang, selanjutnya tiriskan dahulu.
7. Simpan ke dalam wadah kedap udara dan sajikan sebagai pelengkap maupun untuk cemilan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Rempeyek Enak Dan Renyah
4.5/ 5
Oleh