Resep Cara Membuat Ikan Pepes Enak

Resep Cara Membuat Ikan Pepes Enak
Pepes ikan merupakan ikan yang di pepes dengan menggunakan daun pisang sebagai pembungkus dan di matangkan dengan cara kukus maupun bakar hingga matang seperti halnya cara membuat pepes tahu, pepes ikan cenderung lebuh mudah dan praktis namun beberapa orang juga beranggapan pepes ikan banyak durinya dan malas untuk memakan nya, namun resep yang satu ini berbeda dan dapat di pastikan minim terhadap duri karena ikan yang akan kita gunakan adalah ikan tongkol yang identik dengan sedikit duri dan daging yang banayak, bagaimana tertarik?

Selain ikan tongkol masih banyak ikan-ikan yang lebih sedikit durinya keitimbang daging nya seperti ikan kembung maupun lain nya juga bisa anda gunakan, sebenarnya membuat pepes semua jenis ikan bisa di gunakan namun yang lebih enak tentu menggunakan ikan tongkol. Sebelumnya anda harus tahu terlebih dahulu bahwa pepes merupakan salah satu kuliner indonesia yang populer dan murah meriah, rasanya yang lezat dan enak tentu harganya yang murah dan bisa di bilang hampir setiap warung pasti menyediakan nya terutama dari daerah sunda maupun sekitarnya, tak hanya itu rasanya yang enak membuat cepat dan menyebar keseluruh nusantara.


===============
Bahan Ikan Pepes :
===============
2 ikan tongkol
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
6 buah cabai merah
2 cm kunyit
4 sendok makan gula merah
1/4 sendok makan penyedap rasa royco
1/4 garam sendok makan garam
asam jawa secukupnya
daun salam secukupnya
daun pisang secukupnya

========================
Cara Membuat Ikan Pepes :
========================
1. Seperti biasa cukup dengan potong-potong ikan menjadi beberapa bagian maupun utuh/ potong kepalanya saja bebas dan cuci hingga bersih.
2. Berikutnya haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, gula merah, asam dan cabai merah hingga tercampur dan halus merata.
3. Tambahkan garam dan bumbu masak royco ayam/sapi ke dalam bumbu halus. aduk campur hingga tercampur jadi satu.
4. Campurkan ikan dengan bumbu yang telah di haluskan tadi tambahkan sedikit garam bila suka. siapkan daun pisang nya untuk membungkus.
5. Ambil daun pisang selanjutnya alasi dengan daun salam langkah berikutnya letakan ikan di atas nya dan langsung bungkus ikan menggunakan daun pisang.
6. Kukus pepes hingga matang sekitar 15 - 30 menit tergantung besar kecilnya api. jika telah matang akan menimbulkan aroma yang harum.
7. Dinginkan sebentar saja agar tidak terlalu panas dan hidangkan.

Demikian resep ikan pepes enak dan lembut tentu bisa anda praktekan langsung di rumah, bahan nya yang mudah anda dapatkan di pasar dan untuk penyedap rasa juga bisa di ganti dengan masako ataupun bumbu masak lain nya, rasanya yang enak dan lezat membuat kita merasa lapar.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ikan Pepes Enak
4.5/ 5
Oleh