Resep Cara Membuat Ikan Cakalang Pampis Enak

Resep Cara Membuat Ikan Cakalang Pampis Enak
Ikan cakalang atau lebih di kenal dengan ikan tongkol memang banyak sekali macam dan variasi olahan yang enak, dari resep ikan bakar cakalang adapula resep tumisan ikan tongkol atau cakalang bahkan setiap daerah memiliki khas nya tersendiri seperti yang satu ada yang spesial dengan olahan cakalang yaitu resep cakalang pampis yang enak dan pedas khas daerah manado. cara membuat ikan cakalang pampis cukup dengan cara menyuwir-suwir ayam kecil-kecil dan kemudian di bumbui dengan rempah-rempah yang berciri khas pedas dan kemudian mematangkan nya dengan cara menumis dan menggoreng nya hingga suwiran ayam matang.

Walaupun resepnya sangat mudah dan praktis ada juga yang menjualnya dengan sebuah kemasan kedap udara sehingga bisa juga di simpan di lemari pendingin dan ketika lapar bisa memanaskan nya kembali. anda juga bisa menerapkan itu setelah matang bisa menyimpan nya di wadah kedap udara. bahan untuk membuat resep kali ini cukup praktis dan dapat di pastikan sangatlah mudah di temukan dan dibeli di pasar-pasar tradisional terdekat dari rumah anda. tak percayakah anda? yuk kita coba.


==========================
Bahan Ikan Cakalang Pampis :
==========================
1 ekor ikan cakalang ukuran sedang/besar
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
7 buah cabai merah besar
10 buah cabai rawit hijau
1 ruas jahe
2 tangkai daun bawang, iris tipis 
1/4 sendok makan garam
1/4 sendok teh serai
250 ml minyak kelapa untuk tumisan

===============================
Cara Membuat Ikan Cakalang Pampis :
===============================
1. Bersihkan dan cuci ikan cakalangnya, kemudian bisa anda kukus sebentar agar lembut. setelah itu bisa langsung bersihkan ikan dari tulang-tulang nya.
2. Ambil daging ikan nya saja dan suwir kecil-kecil sesuai selera. siapkan ulekan maupun blender.
3. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, cabai merah, cabai rawit dan garam hingga rata dan halus. berikutnya iris daun bawang tipis kecil (bisa gunakan gunting maupun piso) dan memarkan juga serainya.
4. Panaskan minyak banyak menggunakan api besar, masukkan bumbu yang telah di haluskan ke dalam wajan minyak panas.
5. Tumis hingga beraroma harum dan tambahkan serai dan daun bawang masak hingga layu.
6. Masukkan suwiran ikan cakalang ke dalam tumisan. aduk merata hingga minyak agak mengering berikutnya bisa angkat dan tiriskan ikan.
7. Sajikan atau jika membuatnya lebih banyak bisa di simpan pada tempat kedap udara dan masukkan/simpam ke dalam lemari es, ketika ingin makan bisa memanaskan nya sebentar.

Keterangan :
- Selain ikan cakalang yang bisa di buat resep ikan pampis masih banyak yang terpenting ikan tersebut durinya lebih sedikit ketimbang daging.
- Untuk wadah kedap udara berbeda dengan wadah untuk roti/kue ya... gunakan wadah plastik untuk makanan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 13.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ikan Cakalang Pampis Enak
4.5/ 5
Oleh