Resep Cara Membuat Gurame Asam Manis Pedas

Gurame adalah salah satu jenis ikan tawar yang paling populer di indonesia, rasa nya yang begitu enak dan bagian daging banyak ketimbang dengan ikan lainnya membuat ikan gurame lebih cenderung di jadikan kuliner seafood indonesia mulai dari ikan bakar, ikan goreng maupun di panggang kebanyakan orang menggunakan ikan gurame tak hanya itu saja. di warung-warung makan pinggir jalan maupun di resto ternama sekalian yang identiknya menjual masakan seafood pasti menyediakan ikan gurame. untuk itu hari yang cerah ini jawa resep akan mengajak kalian smeua bersama-sama untuk belajar buat ikan gurame yang lebih spesial dengan bumbu asam pedas manis yang rasanya begitu menarik untuk di coba, banyak orang suka dengan hidangan gurame asam manis pedas ini.

Menu ini juga biasa di sajikan untuk menu makan siang maupun sore anda selain itu bagi anda yang suka di dapur dan memasak pastinya tak akan melewatkan untuk belajar bersama buat ikan gurame asam manis pedas ini karen selain begitu enak pastinya di sukai oleh semua keluarga di rumah. selain itu kuliner yang satu ini juga cocok di masukkan ke dalam daftar jadwal memasak rutin bulanan anda. untuk buat gurame asam pedas manis sebenarnya cukup mudah dan praktis sekali seperti resep-resep seafood sebelumnya yang pernah kita pelajari juga yaitu ada resep cumi asam manis dan resep membuat ikan patin kuah asam manis yang rasanya begitu segar dan enak. bahan dan bumbunya pun hampir sama dan familiar sekali terdengar seperti serai, jahe, daun jeruk, salam, laos, kecap, cabai dan untuk yang kurang suka dengan pedas jumlah cabainya bisa di kurangkan dari takaran bahan, bagaimana tertarik untuk buat gurame asam manis pedas hari ini? dari pada menambah rasa penasaran dalam diri anda lebih baik siapkan dulu bahan dan langsung mempraktekannya dalam dapur.

Resep Cara Membuat Gurame Asam Manis Pedas
Resep gurame asam manis pedas

===========================
Bahan Gurame Asam Manis Pedas :
===========================
3 ekor ikan gurame ukuran besar
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
3 buah cabai merah, banyaknya bisa di sesuaikan
3 buah tomat segar besar
2 lembar daun salam
2 cm jahe
1 lembar daun jeruk
1 batang serai
1 ruas laosjeruk lemon secukupnya, ambil air perasannya saja
tepung maizena secukupnya bila ada
garam dan gula pasir seperlunya
kecap inggris secukupnya
air matang seperlunya
minyak goreng secukupnya

====================================
Cara Membuat Gurame Asam Manis Pedas :
====================================
1. Cuci dan bersihkan ikan gurame nya, potong menjadi 3 bagian, ambil jeruk lemon nya kemudian beri dengan perasan air jeruk lemon dan taburi sedikit garam (jangan banyak-banyak).
2. Masukkan ke dalam lemari pendingin selama 7 menitan saja. menunggu itu anda bisa rebus tomat dengan sedikit air matang sampai mendidih.
3. Kemudian potong bagian daging tomat nya saja dna buang bagian kulit tomatnya. hancurkan daging tomat menggunakan sendok dengan cara di tekan-tekan (jadilah saus tomat sederhana).
4. Setelah gurame di dinginkan kemudian panasnya minyak banyak dengan api kecil saja lalu goreng guramenya sampai setengah matang. selanjutnya tinggaldi tiriskan dan sisihkan dulu.
5. Langkah berikutnya iris tipis bawang putih, bawang merah, cabai merah nya juga, geprek bagian jahe laos, serai. kemudian tumis dengan sedikit minyak.
6. Setelah beraroma wangi masukkan irisan daun salam dan daun jeruk. campur aduk sampai layu. masukkan saus tomat sederhananya dan campur aduk dengan bumbu tumisan.
7. Tambahkan gurame yang telah di goreng setengah matang tadi. tuangkan sedikit air, beri juga dengan bumbu gula, garam, kecap. masak dan campur aduk sampai rata. lalu tinggal dikoreksi rasanya.
8. Masak sampai matang kurang lebuih selama 10 menitan saja atau sekiranya air nampak mengental. kemudian baru matikan kompornya.
9. Hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 05.58.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Gurame Asam Manis Pedas
4.5/ 5
Oleh