Resep Cara Membuat Ikan Patin Kuah Asam Manis

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang mudah di temukan dan di budidayakan, jadi ikan ini sangat populer sekali di indonesia sebagai menu makanan yang di olah dengan aneka bahan khas indonesia seperti bumbu rempah. ikan patin juga memiliki rasa yang begitu manis dan dagingnya enak banyak sekali kandungan ikan patin ketimbang ikan-ikan lainnya vitamin dan protein yang tinggi pada ikan jenis ini juga masih banyak khasiatnya bahwa ikan ini cukup baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan bagi anda yang darahnya rendah juga baik mengkonsumsi hidangan dari bahan dasar daging ikan patin karena dapat meningkatkan energi beserta peningkatan darah dalam tubuh. jadi tidak perlu ragu lagi bentuknya yang berkumis mirip ikan lele ini membuat ikan patin nampak seperti lele namun dari segi bentuk dan nampaknya bisa di lihat dengan jelas dan pastinya mudah tuk membedakannya.

Untuk hidangan hari ini akan jauh menarik karena sajian kuliner jawa resep yang satu ini adalah resep buat ikan patin dengan kuah pedas asam manis dengan rasa yang begitu berbeda-beda dan enak membuat sensasi tersendiri ketika memakannya. sebelumnya juga pasti sudah pada bisa kan dalam resep buat lobster saus padang dan resep ikan bandeng goreng enak. nah menu-menu olahan ikan tersebut juga cocok di hidangkan secara bersamaan dalam menu rutin bulanan ataupun mingguan anda yang di sajikan untuk menu makan malam bersama keluarga juga akan terasa enak dan buat keluarga tambah harmonis. ikan patin kuah asam pedas manis ini memakai bahan dasar dari daging ikan patin, cabai, dan aneka bumbu rempah-rempah lainnya yang memberikan rasa manis dan asam oleh sebab itu membuat rasa kelezatan ikan patin menjadi lebih segar dan nikmat bila di konsumsi kapan dan dimana saja. penasaran bagaimana kelezatan menu yang satu ini? yuk di coba bersama-sama.

Resep Cara Membuat Ikan Patin Kuah Asam Manis
Resep ikan patin kuah asam manis

==================================
Bahan Ikan Patin Kuah Pedas Asam Manis :
==================================
2 ekor ikan patin
2000 ml air matang
16 buah cabai merah besar
10 siung bawang putih
12 butir bawang merah
8 lembar daun salam
7 butir kemiri, geprek
4 buah mentimun, potong-potong
2 buah tomat, potong-potong
3 cm lengkuas/laos
3 cm jahe
5 cm serai
5 cm kunyit
5 sendok makan garam
1 buah nanas
gula pasir secukupnya
jeruk nipis secukupnya
terasi secukupnya
asam jawa secukupnya

=========================================
Cara Membuat Ikan Patin Kuah Pedas Asam Manis :
=========================================
1. Bersihkan dan cuci ikan patin nya hingga bersih kemudian langsung potong menjadi beberapa bagian sesuai selera (jangan terlalu kecil).
2. Rendam ikan nya dengan perasan air jeruk nipis dan beri sedikit garam, biarkan terendam selama 10-20 menit.
3. Haluskan bumbu-bumbunya, mulau dari bawang putih, merah, cabai, kemiri dan terasi. campur dan ulek/blender sampai benar-benar halus dan rata.
4. Tumis bumbu halus sampai wangi, kemudian sisihkan. ambil panci ukuran sedang dan rebus air matang hingga mendidih.
5. Masukkan bumbu halus yang telah di tumis beserta asam jawa, serai, jahe, kunyit, laos dan daun salam. aduk hingga semua bahan tersebut tercampur.
6. Masukkan ikan patin nya, potongan mentimun dan tomat kemudian sedikit potongan nanas dan beri bumbu garam dan gula secukupnya koreksi rasanya hingga terasa asam pedas manis.
7. Hidangkan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 05.17.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Ikan Patin Kuah Asam Manis
4.5/ 5
Oleh