Resep Cara Membuat Lumpia Basah Enak Mudah

Lumpia adalah salah satu makanan ringan yang tentu bisa di jadikan hidangan utama bersamaan nasi putih hangat namun akan terasa lebih enak bila di hidangkan sebagai cemilan dan memakannya di waktu santai bersama keluarga di rumah. sebelumnya juga pernah di jelaskan bahwasannya lumpia merupakan masakan dari china yang sudah terkenal dan populer di indonesia terutama jawa tengah dan sekitarnya. jenis lumpia ada dua macam yang pertama adalah lumpia goreng yang tentu sudah banyak sekali yang tahu dan yang kedua adalah lumpia basah yang kali ini cukup menarik rasanya begitu spesial dan tekstur lumpia yang sangat lembut empuk banyak di sukai semua orang. beberapa waktu lalu kita juga telah bersama-sama belajar dalam resep buat lumpia goreng khas semarang enak yang tentunya buat lumpia basah tak akan sulit lagi, karena membuat lumpia basah caranya hampir sama dengan buat lumpia goreng.

Kalau lumpia goreng identik sekali dengan khas semarangnya nah lumpia basah juga berbeda dengan lumpia goreng yang paling terkenal adalah lumpia basah asli bandung yang tentu memiliki cita rasa lebih berkarakter dan enak. bentuk lumpia basah hampir sama dengan resep buat sosis solo yang enak walaupun mirip bahan dan cara nya sedikit berbeda dan tentu keduanya memiliki rasa yang berbeda dan unik. buat lumpia basah sendiri sangat mudah dan simple sebenarnya, walaupun bisa di bilang banyak sekali penjual lumpia basah namun buatan sendiri akan terasa lebih lezat ketimbang beli di pinggir jalan, apalagi di hidangkan untuk keluarga di rumah di waktu santai dan berkumpul bersama keluarga di rumah tentu akan menambah keharmonisan yang ada, jadi apakah anda tertarik untuk mencobanya? yuk langsung masuk dapur saja dan ikuti resep lumpia basah edisi jawa resep di bawah ini ya.

Resep Cara Membuat Lumpia Basah Enak
Resep lumpia basah

==================
Bahan Lumpia Basah :
==================
125 gram tepung terigu
1/2 liter air matang
125 gram rebung
75 gram tepung beras
50 gram selada, bisa ganti tauge sesuaikan selera saja
3 siung bawang putih
2 butir telur, gunakan putihnya saja
2 buah wortel ukuran sedang
udang secukupnya bila ada , atau bisa gunakan ebi
kubis secukupnya
garam seckupnya
gula secukupnya
merica bubuk secukupnya
minyak secukupnya

==========================
Cara Membuat Lumpia Basah :
==========================
1. Langkah pertama buat kulit lumpia basahnya terlebih dulu dengan cara mencampurkan tepung terigu, tepung beras, telur menjadi satu, beri 1/4 sendok makan garam dan campurkan aduk merata.
2. Tuangkan air matang sambil di aduk terus agar adonan nya tak jadi bulatan kecil (bergerindil). ambil reflon dan olesi dengan minyak.
3. Tuangkan adonannya sekitar 1 1/2 sendok makan sayur dan masak hingga kulit matang, lakukan sampai adonan habis lalu bisa di sisihkan.
4. Kemudian buat isinya dengan mencampurkan potongan kecil wortel, irisan kubis, potongan rebung, udang kecil,  irisan selada (atau bisa ganti pakai tauge) dan rebus hingga matang. baru tiriskan.
5. Haluskan bawang putih, beri garam, gula dan merica bubuk, haluskan dan campur aduk. kemudian tumis sampai harum.
6. Masukkan bahan isi yang telah di rebus dan masak matang , lalu sisihkan dan siapkan bahan kulit yang sudah jadi tadi.
7. Ambil selembar kulit lumpianya dan isi dengan 2 sendok makan bahan isian dan lipat bagian tepi-tepi lumpia basahnya lalu gulung, lakukan ampai kulit adonan lumpia yang telah di buat habis.
8. Kukus sebentar hingga matang sekitar 5 menitan saja dan hidangkan selagi hangat.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 05.22.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Lumpia Basah Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh