Resep Cara Membuat Sambal Oncom Pedas Enak

Oncom merupakan salah satu makanan paling populer indonesia yang berasal dari jawa barat, nah oncom sendiri dapat di olah menjadi aneka makanan yang begitu enak seperti yang akan kita pelajari dan buat bersama hari ini adalah resep sambal oncom dengan rasa yang begitu enak, pedas dan di sukai oleh semua orang. sebelumnya ada resep sambal bawang dan resep sambal terasi, pastinya yang kali ini juga tak kalah lezat dan pedasnya yaitu sambal oncom pedas gurih spesial edisi jawa resep. oncom sendiri adalah salah satu fermentasi mirip dengan tempe namun agak sedikit berbeda pastinya bagi anda yang suka dengan oncom tak akan melewatkan resep mudah kali ini.

Untuk buat sambal oncom dengan rasa yang begitu enak tentu mudah dan praktis sekali walaupun banyak orang yang menganggapnya susah sebaliknya jika anda semau paham cara buat dan mengetahui takaran bahan yang sesuai membuat sambal oncom sangatlah cepat dan mudah semua orang juga dapat membuatnya. selain sangat enak di konsumsi oncom sendiri memiliki banyak manfaat bila di konsumsi secara teratur dan rutin di antaranya kandungan gizi yang tinggi pada oncom seperti tempe membuat oncom baik untuk kesehatan, selain itu dapat mengurangi kolestrol bahkan dapat membuat pencernaan lebih baik dan tentunya masih banyak sekali manfaat bila anda mengkonsumsi oncom jadi tak perlu di ragukan lagi untuk itu silahkan bila anda ingin membuat sambal oncom pedas edisi jawa resep kali ini yuk silahkan simak ya.

Resep Cara Membuat Sambal Oncom Pedas Enak
Resep sambal oncom

=================
Bahan Oncon Pedas :
=================
1 lempeng oncom bandung
10 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
8 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
3 lembar daun jeruk
1 ruas kencur
1 batang serai
1 batang daun bawang
garam secukupnya
merica bubuk/lada secukupnya
gula pasir secukupnya
air panas seperlunya
minyak goreng untuk menumis

===============================
Cara Membuat Sambal Oncom Pedas :
===============================
1. Pertama-tama cukup potong oncomnya kotak kecil-kecil kemudian rendam ke dalam air panas selama 20 menitan (beri air dengan sedikit garam sekitar 1/4 sendok makan garam).
2. Iris tipis daun bawangnya dan juga untuk bumbunya cukup menghaluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, rawit, serai dan kencur jadi satu beri sedikit garam dan gula lalu haluskan pakai ulekan saja.
3. Selanjutnya panaskan dikit minyak untuk menumis bumbu halus dan biarkan sampai harum masukkan juga irisan daun bawang, daun jeruk dan oncom nya. campur aduk dan masak hingga tan nampak ada airnya (air menyusut).
4. SIapkan piring saji dan letakan sambal oncom di atas piring lalu hidangkan.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 05.00.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Sambal Oncom Pedas Enak
4.5/ 5
Oleh