Resep Cara Membuat Timlo Solo Sederhana

Resep Cara Membuat Timlo Solo Sederhana
Ada yang tahu apa itu masakan timlo? menurut orang solo atau surakarta timlo adalah sejenis sup yang di padukan dengan aneka macam bahan khas nya seperti telur rebus, daging ayam, tahu, sosis dan semacamnya yang di jadikan satu. hidangan yang satu ini sangat mudah di temukan di daerah solo, rasanya yang enak dan segar ketika di makan membuat massakan ini menjadi sangat populer di daerah tersebut. Untuk membuat timlo memasaknya hampir mirip dengan cara membuat soto daging sapi namun yag berbeda adalah isi dan bumbu yang lebih enak ketimbang soto biasa.

Ada beberapa macam versi daam membuat timlo yang akan membuat anda bingung ketika memasaknya, namun yag akan kita bahas ini adalah versi termudah dan sederhana bisa di bilang semua orang bisa membuatnya. hanya menggunaakn daging ayam, telur rebus bacem, sosis, dan beberapa bumbu sederhana lain nya tentu memudahkan anda dalam membuatnya. untuk cara membuat telur coklat bacem nya sangat mudah namun bagi yang malas untuk membuatnya diperbolehkan memakai telur rebus biasa. namun rasa akan kurang cocok ketika anda memakai telur biasa, dari pada penasaran kita praktekan saja.


================
Bahan Timlo Solo :
================
250 gram daging ayam
2 butir telur bacem rebus (bisa gunakan telur rebus biasa), potong
3 buah sosis sapi ukuran besar, rebus dan potong
2 buah wortel, rebus dan potong
2 buah kentang , rebus dan potong
1 sendok makan bawang goreng
1 sendok makan kecap bango
1 liter air
1 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1/4 sendok makan garam
1/4 sendok makan merica
bihun secukupnya
irisan daun seledri secukupnya
1 helai irirsan daun bawang secukupnya
kecap asin secukupnya

=======================
Cara Membuat Timlo Solo :
=======================
1. Sebelumnya beli daging ayam cuci dan bersihkan dan langsung rebus menggunakan air hingga ayam empuk dan matang (kuah bisa di simpan untuk kaldunya nanti atau ntar anda bisa gunakan penyedap rasa untuk kuahnya).
2. Potong ayam kecil-kecil sesuai selera. Haluskan bawang putih, bawang merah, garam dan merica dan tumis hingga harum
3. Masukkan potongan ayam ke dalamnya. tambahkan sedikit garam, kecap manis bango dan kecap asin ke dalam tumisan masak hingga matang.
4. Rebus semua bahan lain nya seperti wortel, kentang, sosis bihun dan seledri kemduian siapkan mangkuk maupun wadah saji.
5. Tata rapi telur bacem rebus, bihun, kentang, wortel, sosis yang semuanya telah di potong-potong kecil sesuai selera.
6. Siram menggunakan kuah tumisan suiran tadi ke dalam mangkuk. tambahkan irisan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng di atasnya.
7. Sajikan selagi hangat.

Terkadang macam-macam variasi dari timlo solo berbeda-beda namun rasa tetap sama-sama enak dengan perpaduan kuah, suwiran ayam, telur dan sosis solo yang umumnya berisi ayam suwir dan beberapa bumbu seperti halnya resep membuat lumpia semarang enak. agar lebih praktis Anda juga bisa menggunakan kuah cepat saji atau kemasan seperti sotoji dan semacamnya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 21.34.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Timlo Solo Sederhana
4.5/ 5
Oleh