Resep Cara Membuat Soto Bandung Asli Enak

Soto memang sudah tak asing lagi, hampir setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing dan pada kesempatan ini jawaresep akan mencoba berbagi Resep Soto Asli dari kota Bandung dengan ciri khas dan rasa jahe yang lebih terasa banget ketimbang jenis-jenis soto daerah lain. Umumnya soto bandung juga di padukan dengan aneka bahan lainnya seperti menambahkan telor asin pada soto menjadi satu membuat rasanya begitu enak banget. Soto bandung asli ini memang sekarang mudah di temukan terutama jelas di kawasan Bandung dan sekitarnya namun jangan bersedih bilamana ditempat kalian tak ada yang menjualnya mulai sekarang bisa mencoba buat soto bandung sendiri.

Untuk membuat soto asli bandung sangatlah mudah dan praktis bahan yang di gunakan seperti buat soto pada umumnya walaupun kalau di kawasan pantura (pantai utara jawa) yang terkenal adalah jenis resep soto tauco enak namun soto bandung cita rasanya juga tak kalah lezatnya hampir setiap orang yang baru mencoba akan mengatakan enak. Daging yang di pakai dalam membuat soto bandung asli ini memang berbeda-beda ada yang pakai ayam adapula yang pakai daging sapi, untuk sajian ini kita akan menggunakan daging sapi, tetap tenang saja walaupun menggunakan daging sapi bilamana direbus dengan benar tentu akan terasa empuk enak dipadukan dengan kuah soto yang segar. Oke yuk ikuti langkah dan cara membuat soto bandung edisi dari jawa resep berikut ini.

Resep Cara Membuat Soto Bandung Asli Enak
Resep soto bandung asli

================= 
Bahan Soto Bandung :
=================
500 gram daging sapi
3 buah lobak ukuran besar
4 batang daun bawang
1 buah tomat
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1 ruas jahe ukuran besar, keprek
4 butir kemiri
2 sendok makan garam
daun jeruk, daun salam dan daun sereh secukupnya
kacang kedelai yang telah di goreng dan sambal cabe hijau sebagai pelengkap

=========================== 
Cara Membuat Soto Bandung Asli :
===========================
1. Rebus dagingnya hingga empuk, makin lama makin baik. Kemudian buang dan ganti air rebusan pertama, beri bumbu garam dan masukkan daun salamnya.
2. Angkat daging dan potong kotak ukuran sedang bisa di sesuaikan selera, lalu untuk kaldu nya saring terlebih dahulu rebusan daging kaldu tadi hingga bening.
3. Haluskan semua bahan/ bumbu nya kecuali daun serai dan daun jeruk. Tumis bumbu yang telah di haluskan sampai wangi seperti biasa.
4. Masukkan tumisan ke dalam rebusan air yang telah di saring. Masukkan kembali daging sapi bersamaan dengan lobak yang telah di potong dan cuci bersih. Tambahkan daun jeruk dan serai.
5. Setelah soto bandung matang matikan kompornya, pastikan lobak nya telah berubah warna jadi bening.
6. Hidangkan soto bersamaan dengan kacang kedelai goreng, daun bawang dan juga sambal seperlunya.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 21.56.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Soto Bandung Asli Enak
4.5/ 5
Oleh