Resep Cara Membuat Dendeng Balado Enak Mudah

Bosan mengolah daging sapi yang biasa-biasanya saja baik di buat bakso, di rebus, di panggang bahkan di buat resep sop daging sapi? nah untuk sajian kali ini ada yang menarik nih yaitu resep dendeng daging sapi. nah siapa sih yang tak suka dengan dendeng daging sapi? hampir semua orang mengetahui kuliner yang satu ini karena dendeng daging termasuk ke dalam menu makanan paling populer di indonesia setelah rendang daging sapi. rendang daging sama dendeng berbeda pada umumnya dendeng adalah cara mengolah daging sapi yang di potong tipis-tipis menyerupai serpihan kemudian di masak dan diberi bumbu spesial dan khas nya. rasanya yang enak, manis, empuk lezat membuat semua orang ketagihan ketika memakan dendeng daging. pembelajaran resep kali ini bukan dendeng daging biasa melainkan dendeng daging balado yang sangat memiliki rasa dan karakter khusus rasanya, masakan khas dari padang sumatera barat ini sudah menyebar luas di seluruh nusantara karena hampir setiap daerah di indonesia sekarang sudah mudah menjumpai rumah makan khas padang yang tentu nya pasti jual dendeng balado yang begitu enak dan ciri khas padang nya tetap melekat.

Untuk membuat dendeng balado asli padang ini sangatlah mudah dan praktis dengan lembaran tipis dahing yang di keringkan terlebih dahulu kemudian langsung di goreng kering terasa sangat gurih hasilnya apalagi perpaduan antara bumbu baladonya yang khas sekali pastinya akan terasa sangat lezat. beberapa orang memang menaganggap membuat dendeng balado sendiri sangatlah ribet dan susah untuk di praktekan namun sebernarnya kalau mengetahui resep spesial dan mudah nya pasti semua orang bisa kok tuk buat dendeng balado yang enak di dapur rumah sendiri. buat dendeng balado pada dasar nya di pisahkan menjadi dua pengolahan yaitu mengolah dagingnya dan mengolah serta membuat bumbu baladonya. namun tenang saja walaupun nampak ribet dai segi pandangan orang-orang resep dendeng balado yang akan jawa resep bagikan hari ini lebih mudah. dendeng balado juga dapat di jadikan menu rutin bulanan anda dalam memasak bahkan di jadikan menu mingguan juga bisa. beberapa waktu lalu juga ada resep yang tak kalah enak nya yaitu resep ayam penyet enak pastinya sudah pernah mendengar kan sajian kuliner spesial tersebut? anda juga dapat belajar membuatnya.

Resep Cara Membuat Dendeng Balado Enak Mudah
Resep dendeng balado

====================
Bahan Dendeng Balado :
====================
125 gram daging sapi segar
125 gram cabai merah besar
10 butir bawang merah
1 buah jeruk nipis
air untuk merebus
merica bubuk seperlunya
garam secukupnya
gula jawa secukupnya
penyedap rasa jika perlu

=========================
Cara Membuat Dendeng Balado :
=========================
1. Cuci bersih dagingnya seperti mengolah daging pada umumnya kemudian siapkan air secukupnya untuk merebus daging nya, rebus dalam panci dan biarkan hingga daging nya empuk.
2. Masukkan merica, gula merah yang di sisir dan juga beri sedikit garam ketika dalam proses perebusan nya, biarkan hingga air rebusan menyusut menandakan daging sudah lebih empuk.
3. Setelah itu di tiriskan dahulu, setelah tak panas iris setipis mungkin dahing nya, bisa di sesuaikan ketebalan dagingnya sesuai selera (untuk dendeng balado pada umumnya memang di iris setipis mungkin).
4. Goreng daging nya sebentar dengan sedikit minyak, jangan terlalu lama lalu angkat, ambil ulekan dan haluskan cabai beserta bawang merah secara bersamaan.
5. Tumis bumbu halus sampai wangi dan layu beri bumbu garam, gula jawa/merah sedikit dan penyedap rasa sedikit saja. aduk dengan bumbu halusnya.
6. Masukkan daging yang telah di goreng tadi ke dalam tumisan bumbu, campur merata dan masak sampai matang, sebelum di angkat beri dengan perasan air jeruk nipis.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 12.15.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Dendeng Balado Enak Mudah
4.5/ 5
Oleh