Resep Cara Membuat Kue Pukis Enak

Resep Kue Pukis, Kue pukis merupakan kue enak yang berasal dari Indonesia, lebih tepatnya gombong kebumen Jawa Tengah. Kue pukis di sukai banyak kalangan dari orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya kue pukis terbuat dari adonan tepung, santan, gula, telur dan bahan-bahan lainnya yang kemudian di tuangkan ke dalam cetakan panggangan pukis dan proses memasaknyapun dengan cara di panggang.

Sebelumnya juga sudah banyak aneka dan variasi kue tradisional yang tentunya enak dan lembut ketika di makan seperti resep membuat kue lumpur kentang enak dan resep membuat kue jongkong tentu semua itu sangat enak dan lembut dan bisa di coba sekalian dengan kue pukisnya. untuk membuat kue pukis yang enak, pulen dan lembut tidak terlalu sulit, karena kesempatan kali ini Jawa Resep akan membagikan cara membuat kue pukis beserta tips agar kue pukis menjadi enak dan lembut, dari pada anda tambah penasaran langsung saja persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Resep Cara Membuat Kue Pukis Enak
Resep kue pukis
==============
Bahan Kue Pukis :
==============
1/2 kg tepung terigu
5 butir telur
400 gram gula pasir
500 ml air santan
150 ml air
1/2 sendok teh garam
1 1/2 sendok makan mentega/margarin
1/2 sendok teh pasta coklat
1/2 sendok teh vanili bubuk
1 sendok makan ragi instan
meses rasa coklat secukupnya sesuaikan selera

====================
Cara Membuat Kue Pukis :
====================
1. Pertama-tama rebus santan kemudian sisihkan. Campurkan air, ragi instan dan 80 gram tepung terigu menjadi satu. Aduk-aduk hingga 10 menit saja / adonan merata.
2. Kemudian campurkan telur, gula dan vanili hingga kental, lalu campurkan dengan adonan yang pertama, kocok perlahan hingga tercampur rata.
3. Masukkan semua sisa tepung nya ke dalam adonan bersamaan dengan santan yang sudah di rebus. Tetap dalam posisi mengaduk/kocok terus secara perlahan hingga adonan rata.
4. Tambahkan margarin leleh ke dalam adonan sammbil di aduk-aduk kembali sampai rata.
5. Diamkan adonan selama 45 menit hingga mengembang.
6. Langkah selanjutnya ambil sedikit adonan yang sudah mengembang, campurkan dengan pasta coklat dan aduk-aduk hingga merata.
7. Masukkan campuran tadi ke dalam plastik segitiga yang ujungnya di lubangi. Panaskan cetakan pukis menggunakan api kecil.
8. Tuang adonan putih ke dalam cetakan, di lanjutkan dengan campuran adonan coklat ( pada langkah nomor 6 ) tepat di tengahnya. Lakukan hingga ke semua lubang cetakan pukis.
9. Setelah semua sudah terisi tutup cetakan dan masak hingga setengah matang kemudian buka tutupnya dan taburkan meses coklat sesuai selera lalu tutup kembali dan masak hingga pukis matang. Lakukan hingga semua adonan pukis habis.
10. Sajikan.

Nah sekarang anda sudah dapat membuat kue pukis yang enak dan lembut sendiri di rumah, untuk kue pukis di atas dapat anda sajikan berkisar antara 40 - 50 buah kue pukis dan untuk meses nya juga dapat anda variasikan dan sesuaikan dengan rasa sesuai selera anda.



Tags :
Jawa Resep | Resep Masakan Online, Updated at: 09.54.00
Posted by : Andrie Danang Kurniawan
Resep Cara Membuat Kue Pukis Enak
4.5/ 5
Oleh